Cara Cerdas Kelola Keuanganmu Dengan Internet Banking BNI

Kartu Debit BNI
Setiap orang pasti mempunyai rencana kedepannya untuk memenuhi kebutuhan hidup baik itu kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan serta kebutuhan - kebutuhan lainnya seperti beli mobil baru, motor baru, kamera baru dan lain - lain. Namun untuk mencapai target kebutuhan tersebut agar tercapai sesuai dengan rencana sering yang menjadi hambatan adalah perencanaan yang kurang matang serta kurangnya pengetahuan tentang proses pencapaian yang harus dilalui. Untuk itu dalam mencapai target kebutuhan yang sesuai, maka perlu cara cerdas dalam mengelola keuangan, kamu bisa menggunakan tips berikut:
1.      Mencatat Alur Keuangan
Dengan mencata alur keuangan anda, anda jadi tahu kemana saja uang yang anda punya lebih sering di keluarkan dan apa saja yang membuat keuangan anda menjadi lebih boros penggunaannya.
2.      Susun Rencana Keuangan
Untuk mencapai target utama kebutuhan yang ingin anda capai tidaklah harus mengenyampingkan kebutuhan – kebutuhan lainnya, maka dari itu anda perlu menyusun rencana pembagian keuangan anda dari total pemasukan berapa persen untuk kebutuhan utama yang ingin anda capai dan berapa persen untuk kebutuhan lainnya yang alur dan prosesnya tetap tiap bulannya seperti biaya makan, biaya transportasi, dan tanggungan bulan lainnya.
3.      Membuat Target Keuangan
Setelah mencatat alur keuangan dan mengetahui pembagian keuangan anda, maka selanjutnya anda sudah tahu dari pemasukan setiap bulannya berapa persen yang bisa anda sisihkan untuk target yang ingin anda capai, untuk apa dan berapa lama proses yang harus anda lalui untuk mencapai target kebutuhan utama anda.
Bagi anda yang merupakan nasabah Bank BNI seperti saya akan terbantu dalam mengelola keuangan, karna dalam fitur Internet Banking BNI ada fitur pengelolaan finansial pribadi yang penggunaannya sangat gampang dan anda akan diarahkan untuk mencapai tujuan anda sesuai dengan keuangan dan waktu yang anda butuhkan, juga dalam fitur BNI Pengelolaan Finansial Pribadi ini anda akan melihat progres pencapaian keuangan anda dalam waktu ke waktu. Caranya gampang anda hanya tinggal login ke akun internet banking BNI anda dengan mengakses situs http://bni.co.id/ kemudian login atau langsung ke https://ibank.bni.co.id/
bni.co.id
Selanjutnya seperti biasa login dengan memasukkan User ID dan Password akun internet banking BNI anda.
Login internet banking BNI
Setelah login, anda akan diarahkan ke tampilan utama internet banking BNI, kemudian pilih menu pengelolaan finansial.
Menu pengelolaan finansial pribadi
Pilih menu Pengaturan Tujuan, kemudian pilih menu Tambah Tujuan Keuangan. Pada tahap ini anda memilih target tujuan anda dengan opsi yang tersedia seperti beli mobil, beli rumah, persiapan dana pensiun atau tetapkan tujuan anda dengan mengisi tujuan sesuai dengan tujuan yang anda inginkan. Pilih proses untuk ke tahap selanjutnya.
Menu tambah tujuan keuangan
Selanjutnya anda akan di arahkan ke menu selanjutnya seperti gambar dibawah ini, isi semua kolom – kolom seperti gambar dibawah ini sesuai dengan kebutuhan anda. Deskripsi Tujuan Keuangan  bisa anda isi  dengan detail tujuan anda, kemudian harga tujuan yang ingin anda sesuai dengan kebutuhan, tanggal awal tujuan keuangan anda sebagai waktu awal untuk memulai proses pencapaian tujuan, tanggal akhir sebagai target waktu yang ingin anda capai. Pilih proses untuk ke tahap selanjutnya.
Menu pengaturan tujuan
Selanjutnya, anda akan diarahkan untuk memilih rekening afiliasi (Taplus / Tapenas) yang nantinya dijadikan sebagai rekening penampungan dana untuk pencapaian tujuan keuangan anda. Pilih detil rekening debet yang akan anda gunakan, setelah pembukaan rekening selesai, harap perhatikan kolom langkah yang belum dilakukan dan klik Taut Rekening untuk menyelesaikan pembuatan Tujuan Keuangan anda.
Menu daftar target
Selanjutnya, pilih tombol roses dan anda akan diarahkan ke menu transfer untuk memulai pendanaan awal, bagi anda nasabah yang memilih pembukaan rekening Taplus dapat menggunakan fitur transfer berulang untuk pendanaan secara rutin, bagi anda nasabah yang memilih pembukaan rekening Tapenas, pendanaan Tapenas dilakukan secara otomatis setiap bulannya. Saat penginputan nominal yang akan didebet setiap bulannya, harap memperhatikan nominal hasil kalkulasi dari sistem.

Dalam mengelola keuangan yang paling di perlukan adalah komitmen dan perencanaan keuangan yang tujuannya untuk aset jangka panjang yang nilainya terus menaik seperti kata Robert T Kiyosaki kekayaan adalah berapa lama harta anda mampu menghidupi anda ketika anda tidak bekerja atau tidak menghasilkan pemasukan apapun. Anda bisa dikatakan kaya, kalau anda dapat hidup seumur hidup anda secara terjamin tidak kekurangan suatu apapun, meskipun saat ini anda tidak bekerja lagi atau tidak menghasilkan pemasukan. 

Menurut saya hal ini lebih masuk akal dan dan fungsional. Meskipun anda memiliki uang sangat banyak belum tentu anda lebih kaya dari orang lain yang memiliki uang atau harta yang lebih sedikit dari anda. Anda memiliki uang 10 juta, dan pengeluaran anda sebulan 2 juta, maka kekayaan anda adalah 5 bulan. Sedangkan orang yang memiki uang 20 juta, tetapi pengeluaran bulanannya 5 juta, kekayaannya adalah 4 bulan. Tapi apabila pengeluaran anda sebulan 2 juta, sedangkan uang anda sedangkan tabungan anda 1, 5 milyar, secara hitung kasar cukup untuk menghidupi pengeluaran anda seumur hidup, itu artinya anda kaya. Untuk itu anda memerlukan tujuan pengelolaan keuangan yang mempunyai nilai yang terus menaik setiap bulannya untuk menjamin kehidupan anda kedepannya.

Untuk menjadi kaya hal yang harus dimengerti pertama kali adalah tahu dan bisa membedakan aset dan liabilitas, kemudian berusaha semaksimal mungkin untuk mengumpulkan atau mengusahakan aset dan menekan atau meminimalisir pemilikan liabilitas. Aset adalah segala sesuatu yang kita miliki yang dapat menghasilkan pemasukan untuk kita. Sederhananya, apa saja yang anda miliki yang dapat memasukkan uang ke dompet anda. Sedangkan Liabilitas adalah apa saja yang anda miliki yang dapat mejadi sumber pengeluaran kita. Atau apa saja yang kita miliki sekarang ini yang dapat mengeluarkan uang dari dompet anda. 

Segala sesuatu yang anda miliki itu pada dasarnya dibagi menjadi dua itu saja. Tapi saya yakin kita kebanyakan memiliki liabilitas lebih banyak daripada aset. Contoh aset : Deposito menghasilkan interest, Saham menghasilkan deviden, Rumah dikontrakkan menghasilkan uang kontrakan, Komputer dan internet menghasilkan uang online busines, warnet, toko, rental mobil, reksadana, obligasi dan masih banyak lagi. Itu semua menghasilkan uang untuk anda. Sedangkan contoh liabilitas adalah : Handphone menghabiskan pulsa, televisi menghabiskan listrik, komputer dan internet yang hanya digunakan untuk kesenangan, mobil, rumah tempat tinggal, mesin cuci, kulkas, dan masih banyak lagi. Untuk itu bijak dalam mengelola keuangan adalah kuncinya, terserah kepada diri masing – masing apakah mau memperbanyak aset atau liabilitas.

Subscribe to receive free email updates: